Ikhlas

ASSALAMU'ALAIKUM!



Udah lama ngga ngepost dan pas mau ngepost malah kepikiran tentang Ikhlas. Kita pasti sering banget kan denger kata ikhlas? Ya misalkan aja ada temen lo yang minta makanan, terus lo bilang "Ambil aja, gue ikhlas kok". Ya itu emang ikhlas, tapi cuma ikhlas secara lisan.

Kalo dari hasil pencarian gue tentang definisi ikhlas sih rata-rata pada bilang kalo Ikhlas adalah melakukan perbuatan tanpa mengharap imbalan. Ya intinya gitu deh pokoknya. Ikhlas emang keliatannya gampang, tapi jangan asal percaya sama orang yang ngomong 'Gue ikhlas'. Karena keikhlasan seseorang kan ngga bisa kita ketahui dari perkataan, tapi dari hati. Bener ngga dia tuh ikhlas? Ya cuma orang itu yang tau dia ikhlas beneran atau cuma sekedar ikhlas di bibir.

Ikhlas emang gampang banget buat diucapin di bibir. Tapi dalam penerapannya berbuat ikhlas itu susah. Coba aja, pernah ngga lo ngerjain sesuatu tanpa mikir apa yang bakal lo dapetin nanti? Mungkin pernah. Tapi dalam belajar pun kadang kita masih ngga ikhlas. Kenapa? Coba aja lo belajar pas mau ulangan, lo pasti mikirnya "Gue harus dapet nilai bagus". Itu artinya lo ngga ikhlas, lo belajar demi nilai. Bukan karena keikhlasan yang seharusnya ada saat lo belajar. Ikhlas dalam belajar itu penting, karena biasanya itu dateng dari diri kita sendiri, dateng atas kemauan yang keras. Jadi ilmunya pun ngga gampang nguap dan InsyaAllah bermanfaat.

So, jangan bilang ikhlas kalo lo ngga bener-bener ngerasain keikhlasan itu. Kalopun lo ikhlas ya mending ngga usah bilang kalo lo ikhlas, karena keikhlasan itu datang saat kita ngga sadar kalo ikhlas! Belajar untuk ikhlas dan ikhlas untuk belajar!


WASSALAM! 

2 komentar:

Please give me some advice :)